Pengertian dan Penjelasan Lengkap Tentang Investasi

Investasi adalah cara yang dilakukan oleh seseorang untuk dapat mencapai suatu tujuan di masa yang akan datang dengan cara membeli atau memiliki suatu barang dan jasa yang dapat memberikan suatu nilai dari waktu ke waktu.

Tertentu investasi yang kita bicarakan Pada kesempatan ini adalah tentang investasi uang, namun investasi bisa kita analogikan dengan contoh yang simpel dan mudah dimengerti.

Misal seorang ayah diberi tahu anaknya bahwa ia ingin menjadi seorang pengacara sukses.

Maka sih ayah menyekolahkan anaknya sampai jenjang tertinggi sesuai pilihannya, sehingga diharapkan suatu saat si anak bisa mencapai cita-citanya.

Tujuan di sini adalah agar anaknya menjadi pengacara yang sukses investasi atau cara yang dilakukan adalah sekolah sampai jenjang tertinggi.

Ada kata diharapkan investasi tidak lepas dari faktor harapan atau ekspektasi tentang masa depan dan berbicara tentang masa depan. Artinya investasi pasti membutuhkan waktu.

Pertanyaan mengenai Investasi

  • Apa yang anda harapkan di masa depan?
  • Apa tujuan Anda?

Banyak dari kita punya tujuan seperti menikah, membeli rumah baru, liburan, pendidikan dan pensiun dan setiap tujuan pasti membutuhkan biaya.

Adakah tujuan investasi yang tidak perlu biaya?

Nah berbicara tentang biaya adalah bahwa Biaya apapun itu dari tahun ketahun pasti mengalami yang namanya kenaikan atau bahasa ekonominya sering disebut dengan inflasi.

Pertanyaannya Lalu bagaimana dengan menabung?. Kenapa mesti investasi. Tidak cukup saya mencapai tujuan saya dengan cara menabung.

Contoh Investasi Properti Rumah

Investasi adalah
Investasi adalah

Baik Katakanlah harga sebuah properti rumah di tahun 2020 adalah sebesar 480 juta rupiah dan anda siap untuk menabung 5 juta per bulannya.

Dengan harapan dapat memiliki rumah tersebut pada 8 tahun kemudian, 5 juta dikali 8 tahun atau 96 bulan = 480 juta.

Pertanyaannya adalah Apakah 8 tahun kedepan harga rumah tersebut masih 480 juta?

Pertanyaan lainnya biaya administrasi bulanan tabungan berapa?

Kurang lebih sekitar 25 ribu perbulan atau 0,5% dari nilai tabungan per bulannya.

Lalu bunga tabungan berapa persen kurang lebih 2% atau 0,17% perbulanny.

Kita bandingkan biaya dan bunga yang didapat 0,5% lebih besar dibanding 0,17% uang kita perlahan-lahan terus berkurang jika hanya menabung dengan cara konvensional saja.

Kesalahan Utama Dalam Berinvestasi

Kesalahan utama dalam metode penabung konvensional adalah tidak memasukkan faktor penurunan nilai dan biaya dari uang.

Di Indonesia kenaikan barang dan jasa selama kurun waktu 10 tahun terakhir berkisar di angka 6%. Jika anda simpan atau menabung uang anda dengan tujuan untuk mencapai impian anda di masa yang akan datang.

Maka anda harus membeli suatu produk investasi yang dapat memberikan imbal hasil lebih dari kenaikan harga tadi.

Nah selanjutnya kita akan menyampaikan fakta instrumen investasi apa saja yang ternyata bisa mengungguli kenaikan kalian.

Karena pada hakikatnyanya hidup akan lebih mudah bagi anda jika Mengatur keuangan secara bijak dan berinvestasi sedini mungkin.

Baca Juga : Keuntungan Investasi Properti

Nah itulah tadi Pengertian dan Penjelasan Lengkap Tentang Investasi, nah kira-kira apakah kamu sudah siap berinvestasi?, selamat mencoba ya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *