Jual Beli Properti, Ini Dia Tips Cepat Laku

Foto Jual Beli Properti

Dari tips jual dan beli properti ini ada salah satu tips sukses jual beli properti yang paling ampuh dan belum pernah ada di manapun dalam bisnis properti simakselengkapnya.

Jika mendengar kata Jual Beli Properti tentu yang terbayang adalah rumah, vila, apartemen, tanah dan bangunan sejenis. Namun apa sih sebenarnya arti properti?

Properti sejatinya memilik makna dari segi hukum, ekonomi, sosiologi dan antropologi. Dari segi ekonomi bisa merujuk pada bisnis properti, dimana properti sendiri diartikan sebagai kepemilikan atas tanah serta bangunannya.

Pengertian Jual Beli Properti

Jadi jika ada istilah jual dan beli properti adalah jual beli barang berupa kepemilikan dan hak atas tanah dan bangunan diatasnya.

Sudah menjadi rahasia umum jika jual beli properti adalah investasi yang menggiurkan. Hal ini bisa dilihat dari bagaimana antusias media online berupa website jual dan beli properti, aplikasi jual dan beli properti, situs jual dan beli properti gratis yang membanjiri timeline pencarian google.

Tak tanggung-tanggung media online tersebut berlomba-lomba menjadi situs properti terbaik dan situs jual dan beli properti terbesar.

Jika ditelisik lebih dalam, bisnis properti sebagai investasi tak semudah iklan di media online. Butuh kesabaran dan siap mental untuk menghadapi naik turun perkembangan properti.

Namun jika dilihat dalam kacamata keuntungan, bisnis berjual dan beli properti adalah jenis usaha yang mudah karena nilai investasinya selalu naik walaupun tanpa kehadiran pemilik yang selalu mengontrol properti tersebut.

Hal ini bisa diilustrasikan sebagai kos-kosan atau sewa rumah yang hanya perlu kehadiran sebulan sekali atau setahun sekali untuk menagih pembayaran. Lihat bukan bagaimana properti menjadi barang yang mudah untuk mendapatkan uang?

Kemudahan dalam mengembangkan bisnis properti turut didukung oleh jaman. Gairah sektor bisnis properti yang terjadi ini dengan amat menguntungkan apalagi adanya perkembangan jaman berupa online.

Persaingan Bisnis Properti

Website jual beli properti, aplikasi jual dan beli properti online, situs properti gratis, situs properti terbaik, situs properti terbesar banyak bertebaran.

Jadi jangan heran jika tahun depan adalah tahunnya investasi properti.
Hal ini bisa terlihat dari dari tren pasar, sejak tahun 2015 sektor bisnis properti di Indonesia terjadi sedikit kelesuan.

Namun, siklus lima tahunan sudah terjadi dan bisa diperkirakan tahun 2020-2021 adalah tahun recover. Dimana akan terjadi kenaikan, apalagi bank sentral sudah memberi insentif guna mendorong kredit perumahan.

Oleh karena itu tahun itu adalah tahun yang tepat untuk memulai bisnis properti.

Namun sebelum terjun ke dalam bisnis properti, setidaknya harus tahu keuntungan apa yang akan didapatkan. Tidak mungkin dong, melakukan sesuatu tanpa mengerti tujuannya.

Keuntungan Bisnis Properti

Investasi pada properti atau melakukan bisnis properti setidaknya memiliki empat keuntungan.

Profit yang tinggi

Keuntungan pertama adalah adanya untung yang besar pada bisnis properti.

Tidak seperti usaha jual beli barang non-properti, jual beli properti dapat memberikan keuntungan langsung besar. Bahkan saking besarnya bisa dibuat untuk kebutuhan hidup selanjutnya.

Rendah Resiko

Keuntungan kedua adalah resiko yang rendah. Resiko yang rendah dapat diartikan kecil kemungkinan jual beli properti mengalami kerugian finansial yang besar.

Walaupun untuk pembelian awal, properti mengeluarkan uang yang terlihat banyak tapi jika dijual lagi maka harga akan naik.

Hal ini sebanding dengan naiknya bahan pokok yang membuat harga properti juga ikut naik harga.

Jadi sering-sering cek website jual dan beli properti, aplikasi online, situs gratis atau situs-situs andalanmu seperti situs terbaik bahkan situs terbesar untuk tak ketinggalan tren pasaran jika sudah terjun dalam bisnis properti ini.

Doble Profit Income

Keuntungan ketiga adalah properti bisa dimanfaatkan dengan dua jalan. Yang pertama adalah bisnis berjalan artinya menyewakan properti tersebut sehingga bisa menghasilkan uang terus menerus.

Dan yang kedua dibiarkan saja dan menjadi bisnis pasif sambil menunggu harga naik baru dijual. Hal ini bisa diumpamakan dengan tanah, dengan bertambahnya tahun maka tanah tersebut juga akan naik harganya.

Sumber Kekayaan Ekonomi

Keuntungan keempat adalah aset. Aset artinya adalah sumber ekonomi atau kekayaan dimana diharapkan kelak akan memberikan manfaat usaha. Dalam pembahasan aset, bisa kembali ke poin pertama.

Dengan memiliki simpanan aset berupa properti tentu akan menguntungkan. Apalagi dalam jangka waktu tertentu akan mendapatkan untung yang besar.

Jadi tak khawatir dengan adanya bisnis pasif ini, pemilik tanah tak perlu lagi khawatir karena memiliki simpanan yang kelak bisa dimanfaatkan.

Keuntungan tersebut diatas adalah sebagian kecil kuntungan yang didapatkan dalam bisnis properti. Ada banyak keuntungan lainnya jika diperdalam lebih seksama.

Bukan hanya untuk saat ini dan diri sendiri, bisnis properti menguntungkan kelak untuk tabungan hari tua serta kelangsungan hidup anak cucu nanti.

Baca Selengkapnya : Manfaat Keuntungan dan Kerugian Investasi Properti dan Tips Memilih Properti Terbaik

Keuntungan-keuntungan tersebut tentu sangat menggiurkan. Tapi semua keuntungan tersebut tak akan bisa didapatkan jika dalam jual beli properti tidak dilakukan secara profesional.

Tips Jual Beli Properti Bagi Pembeli

Jika benar-benar ingin terjun dalam bisnis properti paling tidak ada 3 pertanyaan yang wajib dipertimbangkan. Baik dalam posisi menjadi penjual atau pembeli properti.

Sebelum itu Simak : 5 Strategi dan Cara Memulai Bisnis Properti Pemula Tanpa Modal dan Hutang

Sebagai pembeli tentu tak akan begitu saja memilih bangunan yang ingin dikembangkan. Butuh riset terutama yang bisa dilakukan di media daring misalnya website jual beli properti atau aplikasi properti online.

Saat meriset tersebut ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Berikut adalah 3 pertanyaan yang harus dipertimbangkan sebagai pembeli.Apakah properti yang akan saya sesuai anggaran saya?

Apakah Harga Properti Sesuai?

Apakah properti yang akan saya beli sesuai anggaran saya?

Jangan sekali-kali menempatkan posisi diri dalam keadaan yang sulit. Keadaan yang sulit dalam artian, melakukan penawaran tanpa memikirkan terlebih dahulu anggaran yang sudah disediakan.

Pembelian properti tak hanya memikirkan harga yang harus dikeluarkan tapi juga biaya-biaya lainnya seperti notaris, AJB, balik nama sertifikat dan pengikatan akad kredit.

Tentukan anggaran dengan menyesuaikan harga properti ditambah harga untuk kebutuhan lainnya.

Apakah properti ini sudah memenuhi kebutuhan?

Kebutuhan adalah hal penting yang harus dipikirkan terutama membeli properti untuk pertama kalinya.

Tanyakan dulu pada diri sendiri apa yang menjadi kebutuhan, apakah harus membeli rumah atau apartemen, lingkungan yang seperti apa yang dibutuhkan dan sebagainya.

Setelah itu putuskan properti apa yang diinginkan. Dengan begitu, tidak akan terjebak dalam pembelian properti yang salah.

Apakah properti ini akan membutuhkan renovasi ?

Apakah properti ini akan membutuhkan renovasi dalam waktu dekat, dan apakah ini sesuai dengan anggaran saya?

Setelah menentukan anggaran dan jenis properti yang dibutuhkan, kini saatnya beralih mencari properti.

Agar murah dan tak membebani ongkos, cari properti pada website berjualan properti atau aplikasi properti online.

Teliti lebih lanjut tentang properti tersebut dan tanyakan pada diri sendiri tentang kebutuhan renovasi. Jika memang diperlukan renovasi, kembali ke poin pertama apakah anggarannya sesuai?

Itu adalah 3 pertanyaan yang harus dipertimbangkan pembeli sebelum deal dengan properti yang diincar.

Tips Jual Dan Beli Properti Bagi Penjual

Nah sekarang beralih memposisikan diri menjadi penjual. Jika sudah memiliki properti dan ingin bisnis properti pertimbangkan dulu beberapa hal.

Jangan asal promosi pada situs jual beli properti gratis, situs jual beli terbesar atau bahkan situs jual beli terbaik. Berikut ini 3 pertanyaan yang harus dipertimbangkan penjual ketika akan menjual properti.

Apakah Harga Jual Properti Realistis?

Apakah saya memberi harga properti saya secara realistis dengan mempertimbangkan semuanya?

Sebagai penjual tidak lebih mudah dibanding dengan pembeli. Penjual harus mempertimbangkan harga pasar sesuai dengan daerahnya.

Jika kesulitan dalam menentukan hal tersebut, website jual dan beli properti, aplikasi properti online, situs jual dan beli properti gratis, situs properti terbaik, situs properti terbesar adalah jawabannya.

Risetlah di media online tersebut maka semua informasi akan didapatkan. Jika ingin lebih akurat lagi, penjual bisa berkonsultasi dengan broker.

Tentukan juga list harga yang ramah pembeli agar pembeli tidak langsung kabur mendengar harga yang ditawarkan

Apakah Penawaranya Jelas?

Apakah semuanya jelas dalam penawaran untuk membeli?

Keterangan yang jelas sangat membantu pembeli untuk menentukan pilihannya. Posisikan diri sebagai pembeli dan tanyakan pada diri sendiri terkait barang yang dijual.

Jika kesulitan terutama soal dokumen, cari informasi kepada orang yang lebih profesional. Pelajari juga bagaimana seorang profesional memberi informasi dengan apik sehingga pembeli tertarik.

Apakah Menerima Konsekuensinya?

Apakah saya siap mengurangi harga properti saya jika harga pasar sedang anjlok?

Tak selamanya properti yang dimiliki bisa menjadi primadona penghasilan. Ada kalanya harga properti merana di pasaran sehingga kelak harus mengurangi harga agar properti bisa terjual.

Hal ini perlu dipertimbangkan dan butuh persiapan mental. Harga naik dan turun dalam dunia properti adalah hal yang pasti jika terjun dalam bidang ini.

Tapi jika mau sabar menunggu, dalam beberapa tahun, properti pasti memiliki nilai yang lebih, minimal tidak akan rugi jika dijual lagi.

Bagi penjual maupun pembeli yang sudah menjawab dan menimbang hal-hal tersebut kini saatnya riset lewat online.

Bisa lewat website jual dan beli properti, aplikasi jual bli properti online, situs jual beli properti gratis, situs properti terbaik, situs properti terbesar yang kamu ketahui. Dengan bantuan platform digital inilah, bisnis properti bisa mendapatkan keuntungan lebih.

Keuntungan Jual Beli Properti Online

Keuntungan yang didapatkan saat berbisnis properti secara online diantaranya pengawasan baik pembeli dan penjual yang bisa dilakukan secara realtime.

Jika saat tertentu ada pertanyaan dari penjual atau pembeli bisa langsung menjawab tanpa adanya jeda atau waktu tunggu untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Penggunaan internet yang semakin meningkat membuat orang akan mudah mengakses website jual dan beli properti, aplikasi jual bli properti online, situs properti gratis, situs properti terbaik, situs jual beli properti terbesar yang menurut mereka dapat dipercaya.

Semakin mudah mengakses artinya semakin mudah pula proses jual dan beli properti.

Selain itu dengan adanya platform digital tentu akan mempermudah penjual untuk mengetahui profil pembeli. Kalau profil pembeli bisa diketahui, maka penjual bisa menyesuaikan properti yang sesuai dengan calon pembeli.

Jika sudah mantap mempertimbangkan kuntungan serta resiko yang didapatkan kini saatnya terjun ke dunia properti.

Tips Jual dan Beli Properti Cepat Laku

Bisnis properti terutama jual beli properti dibutuhkan keuletan dan kejelian dalam menangkap pangsa pasar. Agar lebih mudah berikut adalah langkah-langkah berbisnis properti agar tetap fokus dan tidak hilang arah terutama bagi pemula.

Jual Beli Properti Dari Nol

Bagi pebisnis properti yang mulai dari nol jangan berkecil hati, nilai utama jika berbisnis mulai nol adalah banyak pembelajaran yang bisa digunakan di masa yang akan datang.

Berbeda dengan orang yang memulai dari pertengahan atau melanjutkan bisnis, pelajaran bisnis dari nol tidak akan didapatkan sebagai pengalaman.

Membuat Database Jual dan Beli Properti

Jika sudah menerima bahwa mulai dari nol bukanlah hambatan, kini saatnya bergerak. Mulailah dari melihat-lihat pasar. Banyak sumber yang bisa menjadi rujukan, mulai dari media cetak maupun online.

Apalagi sekarang sudah musimnya mengakses website jual dan beli properti, aplikasi properti online, selain itu situs properti gratis, situs terbaik, situs terbesar mudah diakses.

Daftar Aplikasi Jual Beli Properti Online

Tak perlu keluar rumah untuk membeli media cetak, cukup lewat smartphone, atau komputer anda semuanya data-data bisa diperoleh.

Setelah memperoleh data dan informasi dasar dari berbegai sumber, kini saatnya melebarkan sayap. Jika masih bingung, sangat disarankan mengunduh aplikasi jual beli properti seperti:

Rumah.com

Aplikasi rumah.com memiliki reputasi jempolan di Google playstrore yaitu 4,5 bintang.

Rumah.com menyediakan paling tidak 7 fitur utama diantaranya pencarian, lokasi sekarang, pencarian detail, simpan pencarian, cari agen properti, hubungi agen bahkan kalkulator KPR bahkan berita tentang property

Rumah 123

Dalam aplikasi ini paling tidak ada 140.000 properti yang bisa dicari, mulai dari rumah hunian hingga tempat komersil.

Dengan tampilan yang bersahabat, dalam aplikasi ini bisa melakukan kontak langsung kepada agennya selain itu fitu share sangat berguna untuk penjual yang ingin berpromosi di media sosial.

99.co

Aplikasi ini memiliki bintang 4 di google playstore. Fitur yang nyaman namun memiliki tampilan pencarian yang detail.

Bahkan bisa mencari properti hanya dengan memasukkan kata kunci “masuk mobil” atau “depan jalan utama”. Selain itu kalkulator KPR membantu pembeli memperkirakan harganya

Trovit Homes

Pada dasarnya trovit memiliki berbagai layanan, mulai dari rumah yaitu Trovit homes hingga mobil Trovit Cars bahkan pekerjaan yaitu Trovit Job.

Pada Tovit Homes menyediakan layanan iklan jual beli properti yang memiliki filter lengkap seperti luas, harga, ukuran bahkan jumalh kamar. Trovit Homes melayani properti 46 negara dengan 19 bahasa.

Mitula rumah

Mitula rumah tak hanya menyediakan properti untuk Indonesia saja. Aplikasi ini tersedia di berbagai negara dengan 15 bahasa. Tercatat ada 41 negara yang terakomodir dalam aplikasi ini.

Selain itu, aplikasi ini dapat menghubungkan langsung pada pengiklan dan menyebarkan informasi ke media sosial yang diinginkan.

Pendekatan Personal Dengan Klien Pembeli

Tak usah jauh-jauh, mulailah dari lingkungan sendiri. Tetangga, saudara atau handai taulan yang ingin mencari atau menjual rumah.

Bantu semaksimal mungkin, tapi ingat percobaan pertama belum tentu menghasilkan jadi teteap sabar dan terus berusaha.

Agar lebih maksimal dalam menjual properti, cobalah sekali-kali mengunjungi langsung rumah yang kira-kira menjadi incaran.

Promosi Produk Properti yang Dijual

Tak lupa datangi pameran-pameran properti agar menambah wawasan terkait dengan properti. Curi juga ilmu-ilmu marketing yang dilakukan sales promotion girl atau spg yang sedang bertugas.

Biasanya pameran seperti ini gratis kok, butuh modal bensin saja. Jika sudah menemukan properti yang cocok untuk dijual dan ada saudara atau orang terdekat yang menjadi pembeli, tawarkan kerja sama dengan penjual.

Kontrak Kerjasama yang Jelas

Ada baiknya perjanjian kerja sama tersebut disematkan dalam hitam diatas putih. Setelah itu tanyakan detail properti yang dijual dan komisi yang akan didapatkan.

Jika beres semua data, kini saatnya memainkan sisi marketing kepada calon pembeli. Keluarkan semua jurus yang didapatkan dan ingat untuk tidak menaikkan harga terlalu tinggi.

Kalau calon pembeli kaget lantaran terlalu tinggi bisa mengakibatkan tidak tertarik dengan properti yang ditawarkan.
Jalankan usaha itu terus sampai merasakan asyiknya jual beli property.

Jika sudah menikmati proses jual dan beli properti dan tertarik untuk menggeluti secara serius kini saatnya menjadikan bisni properti secara mendalam.

Daftar Situs dan Website Jual Beli Properti Indonesia terbesar dan terbaik

Cara paling mudah adalah buat website jual dan beli properti. Jika masih bingung situs seperti apa, bisa langsung kunjungi beberapa situs berikut ini

Rumah123.com

Situs ini sudah ada lebih dari 10 tahun, tercatat situs ini hadir pada tahun 2007. Pada situs ini paling tidak ada 900.000 listing baik rumah hunian maupun komersil.

Mereka juga memiliki kantor di kota-kota besar seperti Surabaya, Jakarta, Balikpapan, Makasar, Bandung, Bali, Semarang dan Yogyakarta. Akses yang mudah dengan fitur-fitur unggulan menjadikan situs ini bisa menjadi rujukan.

Rumah.com

Situs ini merupakan situs yang terdepan di Singapura dan merupakan bagian dari grup PropertyGuru. Dalam situs ini menyediakan 12.000 situs dengan 15.000 anggota aktif yang turut berpertisipasi dalam jual dan beli.

Lamudi.co.id

Lamudi sudah menjadi agen yang cukup diperthitungkan. Dalam situsnya, Lamudi menerapkan proses yang cukup ketat sehingga properti yang diperjualbelikan sudah pasti kualitasnya.

Pada situs Lamudi, pengunjung bisa dengan mudah memilih properti dan menghubungi agen yang menjadi incaran.

Rumahku.com

Rumahku.com hadir dengan tampilan yang tak kalah menarik dibanding situs jual beli properti lainnya. Selain itu, rumahku.com juga kerap menghadirkan online property expo atau Rumahku Expo.

Selain itu, situs ini juga memiliki tren harga rumah berdasarkan sejarah transaksi jadi pengunjung akan mendapatkan gambaran jelas dari properti yang diincar.

Rumahdijual.com

Situs https://rumahdijual.com ini adalah web pasang iklan rumah gratis untuk menjual properti dengan tanpa mengeluarkan biaya. Selain itu, pemasang iklan adalah orang terpercaya seperti pemilik langsung atau agen dari perusahaan yang menunjukkan anggotanya untuk memasarkannya.

Anggota pengurus KPR, asuransi atau MLM tidak diperkenankan menaruh iklan disini.

Dari website tersebut, ambil yang bagus dan sesuai dengan apa yang diinginkan lalu terapkan dalam websitemu. Bahkan untuk beberapa website tak hanya mencantumkan properti yang akan diperjual belikan tapi ada blog seputar informasi rumah.

Dengan begitu, yang awalnya hanya berkunjung karena blog akan perlahan menjadikan websitemu tempat rujukan mencari properti.

Tak lupa dengan mencantumkan juga semua kontak yang mudah dihubungi mulai instagram, twitter dan semua sosial media yang dapat digunakan sebagai tempat berpromosi.

Buat Nama Brand Properti Sendiri

Untuk lebih mendalami lagi, buat nama brand sendiri. Pilih nama yang mudah diingat dan jadikan itu sebagai kebanggan.

Dengan nama yang membanggakan tentu akan selalu percaya diri menggunakan nama tersebut untuk bisnismu. Personal branding sangat penting untuk menunjukkan keseriusanmu terjun dalam bisnis properti.

Investasi Dari Jual Beli Properti

Jika sudah pecah telor, jangan lupa sisihkan keuntungan untuk tabunganmu sndiri. Tabungan yang kelak akan berubah properti slayaknya klien-klien yang sudah menggunakan jasamu.

Tak lupa sisihkan untuk beramal agar usaha semakin lancar apapun rintangannya.

Jika sudah semakin besar dan merasa tak bisa menghandle lagi, kini saatnya mencari karyawan yang dapat membantumu dalam urusan bisnis properti.

Paling tidak untuk mengurusi website dan media sosial sebagai personal branding. Jangan lupa lakukan perhitungan juga terkait anggaran menggaji karyawan.

Itu adalah langkah demi langkah berbisnis properti bagi pemula yang mulai dari nol. Pasti akan ada fase dimana bisnis properti ini akan naik dan turun.

Tapi kuncinya adalah keuletan dan kemauan keras untuk terus berusaha. Jika sudah menikmatinya tentu tak akan terasa berat untuk dilakukan.

Sebagai tambahan yang tak kalah penting, jika benar-benar ingin mulai berbisnis properti mulailah melakukan riset terkait masalah-masalah yang terjadi seputar jual beli properti.

Dalam proses jual dan beli properti tentu tak semudah menjual kacang goreng. Bisnis properti membutuhkan keterampilan terutama dalam menyelesaikan masalah hukum tanah dan rumah.

Mulailah membaca dan mencari tahu permasalah yang terjadi berkaitan dengan pembelian dan penjualan properti. Tak hanya masalah tapi juga cari tahu pnyelesaiannya.

Temukan pula seseorang yang melek hukum dan yang dapat dipercaya untuk mnyelesaikan masalah. Dengan begitu kamu tak perlu khawatir jika terjadi masalah saat proses jual beli.

Baca Juga : Daftar KJPP Bermasalah dan Cara Memilih KJPP yang Baik dan Benar

Nah itulah tadi beberapa penjelasan lengkap tentang jual beli properti, keuntungan berjualan dan beli properti dan tips lengkap sukses di dunia bisnis properti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *