Keuntungan Investasi Properti: Rumah, Apartemen, Tanah, dan Ruko

Keuntungan Investasi Properti

Keuntungan Investasi Properti memang menggiurkan namun kebanyakan orang dalam ber investasi properti mengalami kendala simak penjelasan keuntungan investasi properti berikut ini.

Properti adalah salah satu jenis usaha yang memiliki beragam pekerjaan, salah satunya adalah investasi. Untuk mendapatkan keuntungan Investasi dibidang properti adalah kegiatan penanaman modal yang baik dan benar diharapkan pada jangka waktu tertentu bisa menghasilkan keuntungan.

Investasi sendiri dibagi menjadi dua, yang pertama aktiva finansial atau investasi berupa surat berharga seperti saham, deposito dan sejenisnya.

Investasi kedua adalah aktiva riil atau investasi yang bisa dilihat mata seperti emas, logam mulia atau yang sedang popular adalah investasi properti.

Lalu apa yang membuat investasi properti menjadi bisnis impian?. Investasi properti banyak digandrungi karena tak lepas dari keuntungan yang didapatkan.

Manfaat Keuntungan dan Kerugian Investasi Properti

Keuntungan Investasi Properti
Foto Keuntungan Investasi Properti indonesia

Keuntungan Investasi Properti

Banyak investor yang seakan-akan berlomba untuk menanamkan modalnya untuk investasi properti. Sebagai gambaran berikut ini adalah keuntungan investasi properti.

Nilai dan pendapatan yang terus naik

Nilai dari properti terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Apalagi properti tersebut diberikan nilai tambah.

Misalnya sebidang tanah dibangun ruko dengan begitu seiring dengan peningkatan nilai maka peningkatan pendapatan juga akan diterima.

Resiko yang minim

Dibanding dengan saham, resiko investasi properti relatif lebih stabil. Investasi dalam bentuk saham dikenal lebih sensitif dalam perubahan dibanding dengan properti.

Oleh karena itu, resiko investasi properti lebih minim dibanding saham. Contoh jika harga mata uang naik maka saham akan naik, namun jika harga mata uang turun maka sahampun juga ikut turun berbeda dengan properti.

Investasi jangka panjang

Keuntungan favorit dari investor yang terjun dalam investasi properti adalah memiliki nilai dalam waktu yang panjang.

Investasi properti cenderung tahan lama dan tak ada kadaluarsa sepanjang pemilik masih memiliki surat-suratnya.

Tidak tergerus inflasi

Inflasi adalah momok bagi para pengusaha, kerugian yang diterima menyebabkan ketidakstabilan dalam tubuh perusahaan. Dengan bisnis porperti, nilai investasi tidak turun.

Bahkan cenderung naik karena orang tambah banyak tapi lahan sedikit, itulah mengapa investasi properti begitu menarik.

Jaminan baik

Jika pernah memiliki pinjaman dalam jumlah besar di bank pasti tidak akan asing dengan agunan atau jaminan. Properti adalah salah satu jaminan yang pasti diterima dan bernilai cukup besar.

Oleh karena itu properti adalah agunan atau jaminan yang baik dikala ingin meminjam uang dalam jumlah besar.

Kerugian Investasi Properti

Walapun keuntungan investasi properti cukup menggiurkan tetap berhati-hati dan waspada karena investasi properti juga memiliki kerugian.

Tak ada investasi yang sempurna oleh karena itu berikut adalah kerugian investasi properti sekiranya bisa untuk mawas diri.

Modal besar

Seperti yang telah diketahui bahwa investasi properti dapat menghasilkan keuntungan yang besar.

Namun keuntungan yang besar itu juga dibarengi dengan modal yang besar. Jadi tak semua orang bisa investasi dalam sektor ini.

Perawatan dan pembiayaan mahal

Seorang membeli properti tentu akan melihat kondisi fisik properti tersebut. Hal ini membuat investor harus terus merawat propertinya. Selain itu ada biaya pajak tahunan yang harus dikeluarkan.

Tak hanya untuk perawatan, pembiayaan saat terjadi deal juga membutuhkan uang yang lebih, misalnya untuk PPH, BPHTB dan lain sebagainya.

Rawan bencana

Bencana tidak bisa diperkirakan datangnya. Dimana kejadian tak terduga ini bisa menghancurkan properti yang ingin dijadikan aset untuk masa depan.

Walaupun bisa saja diasuransikan tapi dengan adanya asuransi maka ada biaya bulanan tambahan yang akan dikeluarkan.

Baca Juga : Cara Jual Beli Properti Laku

4 Jenis Bisnis Properti Terbaik Untuk Pemula

Lalu, properti apa yang bisa dipilih? Banyak pilihan jenis properti yang dapat dipilih dan tentu memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri.

Ada 4 pilihan properti yang dapat dipilih jika ingin terjun dalam bisnis ini. Diantaranya rumah, apartemen, tanah dan ruko.

Rumah KPR Bersubsidi

Pilihan pertama adalah rumah. Rumah adalah sebuah hunian yang pasti banyak orang yang mencari. Siapa sih yang tak ingin memiliki rumah sendiri.

Oleh karena itu rumah adalah properti seksi yang masih menjadi primadona dalam bisnis ini. Jika ingin berinvestasi berikut adalah penjabaran keuntungan investasi rumah, khususnya rumah bersubsidi.

Keuntungan rumah bersubsidi adalam memiliki harga yang terjangkau karena proyek pembangunan ini memang diberikan kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Selain itu tak perlu was-was adanya developer bodong karena developer yang ditunjuk pemerintah memiliki perjanjian khusus dengan pemerintah. Tak harus menunggu lama, rumah bersubsidi ini bersifat ready stok bukan inden.

Rumah KPR Bersubsidi sangat mudah untuk didapatkan dimana kamu cukup melengkapi persyaratan dari devlopernya.

Investasi Apartemen

Pilihan kedua adalah investasi apartemen. Banyak yang masih mempertanyakan apa keuntungan investasi apartmen. Banyak anggapan miring terkait untung rugi investasi apartemen.

Padahal jika ditelisik lagi apartemen adalah hunian yang sedang tren saat ini, sehingga permintaannya juga semakin tinggi. Selain untuk investasi jangka panjang, apartemen juga bisa disewakan.

Tak jauh beda dengan rumah, persewaan apartemen biasanya memiliki jangka waktu menengah jadi tak khawatir dengan pendapatan bulanan.

Tapi yang harus diperhatikan dalam memilih apartemen adalah lokasi yang strategis dan manajemen yang apik. Dengan begitu, investasi apartemen bisa jalan terus.

Investasi Tanah atau Tanah Kavling

Pilihan ketiga adalah tanah atau tanah kavling. Tanah kavling adalah tanah yang sudah dipetak-petak sehingga siap untuk dibangun. Tanah kavling cocok untuk investasi karena banyak peminatnya.

Dapat dilihat dijalan-jalan menempel “jual tanah kavlingan”. Hal ini tak bisa dipungkiri karena keuntungan investasi tanah kavling yang cukup menggoda. Tanah kavling memiliki capital gain bisa mencapai 20-25%.

Namun jika ingin nilainya maksimal, tanah kavling bisa dibangun rumah cluster atau menjadi lahan parkir jika dekat dengan sekolah atau perkantoran. Dengan begitu nilai dan pendapatannya akan naik lebih tinggi.

Investasi Ruko

Pilihan keempat adalah investasi ruko atau rukan. Ruko artinya rumah toko dan rukan adalah rumah kantor dalam artian bangunan ini bisa dijadikan rumah dan toko atau rumah dan kantor.

Investasi ruko atau rukan kini semakin dilirik. Keuntungan investasi ruko lumayan tinggi sejalan dengan permintaan ruko yang tinggi. Selain itu jangka sewa merupakan tingkat menengah artinya paling tidak 2 tahun.

Walaupun tak menutup kemungkinan bisa berlanjut. Namun, berinvestasi ruko atau rukan masih rentan terhadap krisis ekonomi. Jika ekonomi melemah maka pedagang juga tak segan-segan menutup toko atau kantornya.

Dengan mengetahui untung dan rugi dari berinvestasi tentu akan membuat kita lebih berwaspada dan hati-hati. Tak selamanya keuntungan akan didapatkan tapi tak selalu juga kerugian didapatkan.

Video Keuntungan Investasi Properti

Selanjutnya Simak : 5 Strategi Jitu dan Cara Memulai Bisnis Properti Bagi Pemula Tanpa Modal dan Hutang

Jadi itulah beberapa Keuntungan Investasi Properti di bidang properti baik itu rumah, apartemen, tanah maupun ruko, nah kini saatnya anda memulai bisnis investasi. Tak ada investasi yang sempurna yang ada adalah terus berusaha. Semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *